PENYALURAN BSM TAHAP II TAHUN ANGGARAN 2015

 

Majenang, 24/11. Berdasarkan DIPA Tahun Anggaran 2015, pada minggu keempat bulan Nopember ini, MAN Majenang melakukan penyaluran BSM (Bantuan Siswa Miskin) atau yang sekarang dinamakan Program Indonesia Pintar Tahap II yang mewakili periode Juli s.d. Desember 2015. Sebagai informasi, penyaluran bantuan ini dilakukan dua tahap dalam tiap tahunnya. Sedangkan untuk kuota BSM Tahun Anggaran 2015 pada MAN Majenang adalah sejumlah 100 Siswa dengan besaran bantuan satu juta rupiah per siswa per tahun, sehingga penerimaan pada Tahap II ini adalah lima ratus ribu rupiah per siswa. Kuota ini dalam kenyataannya belum mampu mengakomodir jumlah siswa yang memerlukan bantuan pendidikan. Oleh karena itu kuota tersebut diusulkan untuk ditambah pada tahun anggaran yang akan datang. Hal ini sebagai wujud peran serta MAN Majenang dalam menyukseskan program pemerintah memberikan akses pendidikan bagi anak-anak dari keluarga dengan keterbatasan ekonomi.

Syarat bagi siswa untuk dapat menerima bantuan adalah dengan memiliki KPS (Kartu Perlindungan Sosial), Kartu PKH (Program Keluarga Harapan), KIP (Kartu Indonesia Pintar) atau Kartu BSM. Selanjutnya disamping menerima bantuan, sesuai dengan juknis bantuan para siswa penerima juga dibebaskan dari segala pungutan. Namun demikian untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan program ini, pengelola BSM MAN Majenang juga menerapkan kebijakan memantau secara seksama prestasi akademik dan akhlak para siswa penerima dan menjadikannya sebagai dasar pertimbangan layak tidaknya siswa yang bersangkutan untuk menerima bantuan serupa pada periode yang akan datang.

Penyaluran BSM Tahap II Tahun Anggaran 2015 di MAN Majenang terasa istimewa dengan adanya kunjungan Tim Monev BSM Kankemenag Kab. Cilacap yang diwakili oleh Bapak Makmur Khaeruddin (Kasi Penmad) dan Ibu Nonah Hasanah (Staf Penmad). Pada kesempatan itu berkenan beliau menyampaikan nasehat dan wejangan bagi para siswa untuk dapat memanfaatkan bantuan dengan tepat dan bijak. Untuk penyaluran bantuan ini, MAN Majenang bekerjasama dengan BNI 46 dalam pembukaan rekening tabungan. Pembayaran atau penyaluran dilakukan secara langsung yakni transfer dari Bendahara Umum Negara ke rekening masing-masing siswa penerima sehingga tepat sasaran.

About Sugeng

Alumni yang sekarang mengabdi

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *